Hukum Mengeluarkan Zakat Mal dan Kriteria Kekayaan yang Wajib Dizakatkan

Menunaikan zakat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan bagi yang mampu. Hukum mengeluarkan zakat mal dan zakat fitrah adalah wajib bagi umat muslim yang mampu. Untuk memudahkan kegiatan menunaikan zakat, salah satu pilihan alternatif terbaik adalah melalui Global Zakat.

Global Zakat merupakan badan amil zakat resmi di Indonesia yang pelayanannya berbasis online, sehingga akan memudahkan muzakki atau pemberi zakat. Tidak hanya melayani pembayaran zakat saja, Global Zakat juga melayani pembayaran infak, sodaqoh dan donasi. Dengan latar belakang pelayanan berbasis online, kegiatan berzakat dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, bahkan pelayanannya mampu mencapai hingga ke luar negeri.

Karena pelayanannya berbasis online, maka pembayaran zakat pun dapat dilakukan dengan melakukan transfer antar bank atau dengan cara transaksi online melalui beberapa pilihan rekening bank syariah yang disediakan, sehingga proses transaksi menjadi lebih aman dan terpercaya.

Global Zakat menawarkan beberapa jenis zakat mal yang dapat dipilih oleh pemberi zakat, yaitu zakat profesi, zakat perniagaan, zakat peternakan dan pertanian, serta zakat hadiah. Setiap jenis zakat tersebut harus memenuhi ketentuan sudah disimpan dalam kurun waktu satu tahun hijriah dan telah mencapai jumlah tertentu atau sesuai nishobnya.

Oleh karena hukum mengeluarkan zakat mal adalah wajib untuk membersihkan harta, maka tidak ada alasan jika masih merasa bingung berapa harta yang harus dibayarkan. Karena melalui website Global Zakat, jumlah nominal zakat mal dapat diketahui melalui perhitungan jumlah harta yang disimpan yang kemudian dihitung secara otomatis.

Selain itu, disediakan pula pilihan konsultasi zakat langsung oleh ustadz yang telah disediakan Global Zakat untuk meningkatkan pemahaman mengenai hukum mengeluarkan zakat mal maupun kriterianya.

Ada beberapa syarat kekayaan yang wajib dizakatkan yaitu, berkembang atau harta yang dimiliki dapat berkembang atau bertambah bila diusahakan.

Hukum Mengeluarkan Zakat Mal dan Kriteria Kekayaan yang Wajib Dizakatkan

Selain itu, harta yang akan dizakatkan merupakan milik secara penuh dan manfaatnya juga dapat diambil secara penuh. Harta yang terhitung jumlahnya sudah mencapai nishab juga harus dizakatkan.

Apabila memiliki hutang yang harus dibayarkan pada yang sama saat haru mengeluarkan zakat, maka akan mengurangi nishab, sehingga terbebas dari zakat.

Zakat memang diwajibkan bagi setiap umat muslim yang mampu, sehingga harta yang dimiliki lebih dari kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, maka membayar zakat wajib dilakukan.

Syarat kekayaan yang harus dikeluarkan yang terakhir yaitu pemilikan harta sudah berlalu selama satu tahun hijriah yang berlaku untuk simpanan berupa binatang ternak, harta simpanan dan perniagaan.

Setelah mengetahui syarat-syarat kekayaan yang wajib dizakatkan tersebut, hendaknya semakin meningkatkan kesadaran untuk menunaikan zakat mal, karena hukum mengeluarkan zakat mal sudah jelas merupakan suatu kewajiban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *