Sukarelawan Pendidikan

Sukarelawan Pendidikan

Ekonomi adalah latar belakang seseorang untuk melakukan kegiatan  perdagangan baik berupa barang atau jasa. Hanya saja dalam ukuran nilai,  yang diberi harga tinggi adalah produk yang bermutu yang menimbulkan  kepuasan konsumen.Kaitannya dengan pendidikan, selama yang penulis amati  di negeri ini, “produsen” ilmu pengetahuan itu adalah PNS dan Tenaga  Honorer, yang dalam hal ini sebenarnya juga termasuk para Sukarelawan  atau yang sering dikenal sukwan.

Sukarelawan sesuai dengan pengertiannya adalah mereka yang bekerja  secara suka rela, dalam hal ini membantu para PNS supaya tanggung jawab  tidak terlalu berat kepada negara, dalam artian supaya pekerjaan menjadi  efektif. Soal penghargaan, sudah jelas dan bukan hal yang perlu  ditutup-tutupi, sangat jauh berbeda. Padahal jika kita memahami prinsip  penghargaan, tenaga honorer pun adalah sama-sama sarjana. Sudah tentu  secara keilmuan sudah memadai. Tapi itu sama sekali tidak berlaku!  Kepuasan yang dirasakan peserta didik dalam konteks transformasi ilmu  pengetahuan seolah-olah hanya bisa “diproduksi” oleh para PNS. Sehingga  masuk akal jika penghargaannya berbeda jauh.

Tetapi, disini bukan maksud untuk mengungkit soal penghargaan, sesuai  judulnya disini akan dideskripsikan membangkitkan jiwa ksatria tenaga  sukarelawan. Idealisme seorang tenaga sukarelawan adalah menyadari  dirinya adalah rakyat Indonesia yang peduli terhadap dunia pendidikan  dan tidak repot menuntut upah atau penghargaan dari pemerintah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *